Hadis Dahsyatnya Keutamaan Sedekah






Sedekah ertinya memberi sesuatu yang menyenangkan kepada orang lain, seperti harta atau sekadar senyuman manis. Sedekah pun tidak hanya dalam bentuk harta.

Sedekah dalam bentuk harta pasti tidak akanmengurangi harta. Justeru sedekah dapat menambah keberkatan harta itu sendiri, makin bertambah manfaat dan jumlah harta.

Sedekah juga menolak bala atau bencana, mencegah api neraka, boleh menyembuhkan penyakit, menambah umur, dan mencegah kematian yang buruk.

Hadis hadis berkenaan dengan keutamaan sedekah di bawah ini menunjukkan keajaiban sedekah atau betapa sedekah merupakan amalan yang manfaat dan balasannya sangat luar biasa.

Hadis Dahsyatnya Keutamaan Sedekah

  • "Takutlah engkau kepada neraka, sekalipun dengan jalan bersedekah dengan potongan kurma, maka barangsiapa tidak dapat menemukan itu maka hendaklah bersedekah dengan mengucapkan perkataan yang baik.” (HR. Muttafaqun ‘Alaih)
  • “Jagalah dirimu dari api neraka, walau dengan bersedekah separuh buah kurma.” (HR. Muttafaqun 'Alaih)
  • "Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah, beramar ma’ruf dan nahi munkar yang kalian lakukan untuk saudaranya juga sedekah, dan kalian menunjukkan jalan bagi seseorang yang tersesat juga sedekah.” (HR. Tirmizi dan Abu Dzar)
  • "Tidak seorangpun yang menyedekahkan hartanya yang halal dimana Allah menerimanya dengan kananNya (dengan baik), walaupun sedekahnya itu hanya sebutir kurma. Maka kurma tersebut akan bertambah besar di tangan Allah Yang Maha Pengasih, sehingga menjadi lebih besar daripada gunung. Demikian Allah memelihara sedekahmu, sebagaimana halnya kamu memelihara anak kambing dan unta (semakin hari semakin besar).” (HR. Muslim)
  • "Barangsiapa mengumpulkan harta yang haram, kemudian ia keluarkan sebagai sedekah, maka ia tidak akan mendapatkan pahala. Dan ia tetap mendapatkan dosa.” (HR. Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Hakim)
  • "Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu” (HR. Bukhari)
  • "Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah.” (HR. Imam Tirmidzi)
  • "Jauhilah neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebiji kurma, kalau kamu tidak menemukan sesuatu, maka dengan percakapan yang baik.” (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim)
  • "Sesungguhnya sedekah dapat memadamkan panasnya kubur bagi orang yang memberikan sedekah, dan sesungguhnya orang mukmin akan bernaung pada hari kiamat nanti di bawah naungan sedekahnya.” (HR. Tabbrani)
  • "Jagalah diri kalian dari api neraka walaupun hanya dengan menafkahkan sebuah kurma.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  • "Peliharalah harta bendamu dengan cara mengeluarkan zakat. Dan ubatilah penyakitmu dengan sedekah. Dan hadapilah ujian yang datang bertubi-tubi dengan do’a dan merendahkan diri kepada Allah.” (HR. Abu Daud)
  • "Apabila anak Adam meninggal dunia maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara iaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak soleh yang mendoakan kedua orang tuanya.” (HR. At-Tirmidzi)
  • "Jagalah hartamu dengan zakat dan ubatilah sakitmu dengan sedekah dan hadapilah segala ujian dan bahaya dengan doa serta rendah hati.” (HR. Abu Hurairah)
  • "Sesungguhnya sedekah dapat memadamkan panasnya kubur bagi orang yang memberikan sedekah, dan sesungguhnya orang mukmin akan bernaung pada hari kiamat nanti di bawah naungan sedekahnya.” (HR. Tabbrani).
  • "Peliharalah harta bendamu dengan cara mengeluarkan zakat. Dan ubatilah penyakitmu dengan sedekah. Dan hadapilah dugaan yang datang bertubi-tubi dengan do’a dan merendahkan diri kepada Allah.” (HR. Abu Daud)
  • "Sesungguhnya sedekah seorang muslim dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang su’ul khotimah, Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran dan sifat berbangga diri darinya.” (HR. Thabrani)
  • "Barangsiapa sedekah sebiji kurma dari rezeki yang halal dan Allah hanya akan menerima dari yang baik, maka Allah menerimanya dengan tangan kananNya, kemudian mengembangkannya untuk pemiliknya sebagaimana seorang dari kalian mengembangbiakkan anak kudanya, sampai satu suapan menjadi seperti gunung Uhud.” (HR. Bukhari)
  • "Tidaklah ada satu pekerjaan yang paling mulia yang dilakukan oleh seseorang daripada pekerjaan yang dilakukan dari tangannya sendiri. Dan tidaklah seseorang menafkahkan hartanya terhadap diri, keluarga, anak dan pembantunya melainkan akan menjadi sedekah.” (HR. Ibnu Majah)
  • "Setiap muslim harus bersedekah.” Salah seorang sahabat lalu bertanya, “Bagaimana pendapatmu, wahai Rasulullah, jika ia tidak mendapatkan (harta yang dapat disedekahkan)?” Rasulullah SAW bersabda, “Bekerjalah dengan tangannya sendiri kemudian ia memanfaatkannya untuk dirinya dan bersedekah.” Salah seorang sahabat bertanya, “Bagaimana jika ia tidak mampu, wahai Rasulullah SAW?” Beliau bersabda, “Menolong orang yang membutuhkan lagi teraniaya.” Salah seorang sahabat bertanya, “Bagaimana jika ia tidak mampu, wahai Rasulullah SAW?” Beliau menjawab, “Mengajak pada yang ma’ruf atau kebaikan.” Salah seorang sahabat bertanya, “Bagaimana jika ia tidak mampu, wahai Rasulullah SAW?” Beliau menjawab, “Menahan diri dari perbuatan buruk, itu merupakan sedekah.” (HR. Muslim)
  • "Barangsiapa yang menginfaqkan lebihan hartanya di jalan Allah SWT maka Allah akan melipatgandakan dengan 700 (kali lipat). Dan barangsiapa yang berinfaq untuk dirinya dan keluarganya, atau menjenguk orang sakit, atau menyingkirkan duri, maka mendapatkan kebaikan dan kebaikan dengan 10 kali lipatnya. Puasa itu tameng selama ia tidak merosaknya. Dan barangsiapa yang Allah uji dengan satu ujian pada fisiknya, maka itu akan menjadi penggugur (dosa-dosanya).” (HR. Ahmad)
  • “Janganlah kalian menganggap remeh satu kebaikan pun. Jika ia tidak mendapatkannya, maka hendaklah ia ketika menemui saudaranya, ia menemuinya dengan wajah ramah,, dan jika engkau membeli daging, atau memasak dengan periuk/kuali, maka perbanyaklah kuah dan berikanlah pada tetanggamu dari padanya.” (HR.Tirmidzi)
Wallahu a'lam.



Islam Itu Sudah Sempurna

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإسْلامَ دِينًا

“ … pada hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agama-mu, dan telah Aku cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Aku ridhai Islam sebagai agama bagimu … ” 
[QS. Al-Maa’idah: 3]

DK

Post a Comment

Previous Post Next Post